Lokakarya Penulisan Karya Ilmiah Dalam Rangka Profesionalisme Guru

lokakarya

Sabtu, 19 Januari 2008, Di ruang baru perpustakaan SMA Negeri 2 mengadakan Lokakarya penulisan Karya Ilmiah dalam rangka Profesionalisme Guru. Dihadiri oleh 61 orang guru dari 65 guru. 4 orang guru terpaksa tidak hadir karena sakit atau kepentingan yang tidak bisa ditinggalkan.
Acara dimulai pukul 08.15, terlambat 15 menit dari jadual yang direncanakan yaitu pukul 08.00, dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Salatiga yang diwakili oleh Drs. Suwadi, Kasubag Tata Usaha. Dalam sambutannya beliau mengungkapkan bahwa Karya sangatlah penting untuk dikembangkan oleh guru karena akan banyak mempengaruhi masa depan para guru. Salah satu contohnya adalah sertifikasi.
Dalam kesempatan tersebut Drs. Suwadi juga mengucapkan kepada para guru yang telah lolos sertifikasi dan yang belum. Yang sudah lulus diucapkan selamat menikmati dan yang belum selamat menunggu giliran.
Lokakarya ini didukung sepenuhnya oleh UKSW dengan menghadirkan 3 orang dosennya yaitu Dr. Agna S. Krave, Jefferson Kameo, SH. LLM. Ph.D. dan Dr. Slameto. Pak Agna mengatakan bahwa ini adalah wujud bakti atau darma universitas kepada masyarakat dan beliau mengatakan bahwa Satya Wacana siap membantu semaksimal mungkin. Bahkan beliau juga menjanjikan dukungan konsultasi atau bimbingan sampai dengan 1 tahun bagi penulisan karya ilmiah guru tersebut.
Materi yang disampaikan pada acara lokakarya tersebut adalah Penulisan Publikasi Hasil Penelitian Ilmiah, Kiat-kiat Sukses Penulisan Karya Ilmiah Populer dan Opini di Media Massa, dan Gambaran Umum tentang penelitian dan Publikasi Bidang Kependidikan.
Meskipun dengan berbagai kekurangan yang muncul namun lokakarya berlangsung dengan cukup sukses dan antusias dari para guru SMA 2 Salatiga juga patut diacungi jempol. Salah seorang mengatakan “Acara seperti ini yang kami harapkan”. Selain mendapatkan materi peserta juga mendapatkan sertifikat yang bisa digunakan sebagai Kredit Point. Hasil puncaknya diharapkan para guru mampu menulis dan menerbitkan minimal 1 artikel sehingga mendapatkan keuntungan yang lebih banyak.
Pada akhir lokakarya, peserta dipandu untuk membuat rencana penulisan ilmiahnya. Pada hari itu ditentukan bahwa minimal harus bisa merumuskan sebuah judul tulisan yang akan ditindak lanjuti.
Panitia : Yuliati Eko Atmojo, Mahani Assegaf, Sulastri, Masnun Suaedi, Suratno.

Rencana selanjutnya adalah “Pelatihan ESQ pada bulan Februari”

Powered by ScribeFire.