SMA Negeri 2 Salatiga bekerjasama dengan Satya Wacana Training and Consultation menyelenggarakan Workshop Pendampingan Rintisan Sekolah Kategori Mandiri. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Sabtu, 15 Maret 2008 di Ruang Media Perpustakaan SMA Negeri 2 Salatiga dari jam 08:00 – 16:00.

Acara dibuka oleh Kepala SMA Negeri 2 Salatiga, Drs. Purwanto dan sambutan oleh SWTC oleh Ir. Lili Suharti, PHd. Dalam sambutannya Drs. Purwanto mengungkapkan bahwa Program Rintisan SKM tidak hanya dilaksanakan oleh SMA 2 tetapi akan diikuti oleh sekolah-sekolah di Salatiga antara lain yaitu SMA 3 Salatiga dan SMA Kr. 1 Salatiga. Ke depan semua sekolah minimal SKM (Sekolah Kategori Mandiri) dengan ciri diantaranya penerapan SKS, moving class dan pembelajaran berbasis ICT.

SMA Negeri 2 merupakan sekolah rintisan Sekolah Kategori Mandiri pertama di kota Salatiga dengan didukung berbagai fasilitas yang memadai. Ini terbukti pada saat Akreditasi bulan Juni 2007, SMA Negeri 2 Salatiga Terakreditasi A dengan nilai 96,23. Dengan nilai ini tertinggi di Salatiga. Penilaian ini diperoleh dari unsur kurikulum, kesiswaan, kehumasan, dan tidak kalah pentingnya sarana prasarana yang bagus.

 

Sasaran Program:

 

1. Mampu mengembangkan bahan ajar dalam bentuk cetakan (modul, handout, LKS) serta pengembangan pembelajaran tatap muka dan non tatap muka, Tugas terstruktur dan tidak terstruktur (persiapan SKS).

2. Lebih mampu menciptakan program remidial

3. Mempersiapkan program layanan, konsultasi bagi siswa baik akademik atau non akademik oleh Guru BK.

4. Mempersiapkan pembelajaran sistem SKS dan pembelajaran dengan siswa pindah kelas atau moving class.

 

Materi Pelatihan:

 

1. Pengembangan Bahan Ajar

2. Pengembangan Program Remidial

3. Pengembangan Program Layanan Konsultasi

4. Pengembangan Program Pembelajaran

 

Peserta : Pengajar/Guru SMA Negeri 2 Salatiga = 70 orang

 

Waktu Pelaksanaan : Sabtu, 15 Maret 2008 jam 08.00 – 16.00 WIB

 

Kegiatan ini dilaksanakan atas kerjasama antara SMA 2 Salatiga dengan SWTC (Satya Wacana Training and Consultation).

Sebelumnya telah pula dilaksanakan Workshop Penulisan Karya Tulis Ilmiah untuk meningkatkan prosesionalisme guru yang dikoordinir oleh Dra. Yuliati Eko Atmojo (Waka Humas SMA 2) pada tanggal 19 Januari 2008 dengan peserta 70 orang dan dengan pembicara dari UKSW yaitu, Dr. Agna S. Krave, Jefferson Kameo, SH. LLM. Ph.D. dan Dr. Slameto.