Sistem membaca SQ3R dikemukakan oleh Francis P. Robinson pada tahun 1941. Sistem membaca SQ3R semakin populer digunakan orang. SQ3R merupakan proses membaca yang terdiri atas lima langkah, yaitu : Survey, Question, Read, Recite, atau Recall, dan Review.

Langkah 1 : S – Survey ( Mengamati )

Survey atau prabaca adalah teknik mengenal bahan sebelum membacanya secara lengkap. Langkah ini dilakukan untuk mengenal organisasi dan ikhtisar umum yang akan dibaca dengan tuuan : (1) mempercepat menangkap arti, (2) mendapatkan abstrak, (3) mengetahui ide-ide yang penting, (4) melihat susunan (organisasi) bahan bacaan tersebut, (5) mendapatkan perhatian yang saksama terhadap bacaan, dan (6) memudahkan mengingat lebih banyak dan memahami lebih mudah.

Langkah 2 : Q – Question ( Bertanya )

Ajukanlah pertanyaan sebanyak-banyaknya tentang isi bacaan saat survey dengan mengubah judul dan subjudul menjadi sebuah pertanyaan. Gunakanlah kata tanya Siapa, apa, kapan, di mana, atau mengapa.

Langkah 3 : R – Read ( Membaca )

Membaca merupakan langkah ketiga, bukan langkah pertama atau satu-satunya langkah untuk menguasai bacaan. Baca tulisan itu per bagian dan carilah jawaban atas pertanyaan yang kamu susun berdasarkan judul-judul bagian atau pertanyaan lain yang muncul sehubungan dengan topik bacaan itu. Pada tahap ini, ada dua hal yang perlu diperhatikan : (1) Jangan membuat catatan-catatan. Hal ini akan memperlambat Anda membaca, (2) Jangan membuat tanda-tanda seperti garis bawah di kata atau frasa tertentu. Jika ada yang menarik dan perlu ditandai, tandailah dengan silang di pinggir halaman. Pada tahap ini konsentrasikan diri untuk mendapatkan ide pokoknya serta mengetahui detail yang penting.

Langkah 4 : R- Recite ( Mengendapkan )

Setelah kamu selesai membaca satu bagian, berhentilah sejenak. Cobalah menjawab pertanyaan-pertanyaan bagian itu untuk menyebutkan hal-hal penting dari bab itu. Pada saat itu, kamu dapat juga membuat catatan seperlunya. Jika masih mengalami kesulitan, ulangi membaca bab itu sekali lagi.

Langkah 5 : Review ( Melihat Ulang )

Setelah kamu membaca secara keseluruhan, ulangi lagi dengan menelusuri judul-judul dan subjudul serta bagian-bagian penting lainnya. Kemudian, temukan pokok-pokok penting yang perlu untuk diingat kembali. Tahap ini berguna untuk membantu daya ingat dan memperjelas pemahaman serta mendapatkan hal-hal penting yang mungkin kita lewati sebelumnya.