Bingung banyak kegiatan ekskul yang ditawarin di sekolah, yang semuanya punya kelebihan masing-masing?? Ada olahraga, tari modern, band, tari tradisional, PMR, pramuka, pecinta alam, kegiatan ilmiah remaja (KIR), kegiatan rohani (rohis), dan lain-lain..

 Ayo dong, jangan bingung, yang penting kamu punya niatan dulu sama kegiatan yang bakal kamu pilih. Nah,, pastinya toh kamu sudah tahu minat kamu sendiri kan?? Nah, dari sini, kamu mulai aja gabung sama teman atau sohib, baik kakak kelas atau adik kelas yang punya hobi atau ketrampilan sama!

 Kamu harus ikutan latihan dengan serius. Minimal satu minggu sekali.

 Nongkrong atau hang out sama komunitas bareng teman satu geng kamu itu, bisa dilakukan. Nggak perlu takut atau khawatir, nggak ada pentingnya. Sebab, lewat nongkrong sama teman se-genk dan sehobi, bakal bisa ngimbangin bakat kamu. Iya dong, masa mau jadi anak band, nggak mau nongkrong bareng groupnya, kan nggak lucu?! Lewat nongkrong kamu bisa latihan serius dan mulai menciptakan hal-hal yang baru.

 Buat yang awalnya nggak punya hobi atau keahlian, nggak masalah!! Kamu bisa tetep ikutan ekskul. Toh, kamu bakal dilatih sama kakak kelas atau guru pembimbing. Eits,, tapi kamu jangan keasyikan di ekskul dan ninggalin pelajaran..