PILAH dan PILIH

Sulit buat mutusin mau masuk jurusan dan perguruan tinggi yang mana?? Nggak perlu ragu, kalau kamu sudah mutusin mau kuliah, saat ini tinggal pilih perguruan tinggi dan jurusan yang cocok sama kamu.
 Kamu tentukan dulu mau masuk perguruan tinggi di Indonesia atau di luar negeri. Kalau kamu pilih yang di dalam negeri, sedikitnya ada lebih 50 perguruan tinggi Negeri dan ribuan perguruan tinggi swasta, jadi kamu nggak perlu ragu. Gagal di ujian mandiri (UM) di perguruan tinggi Negeri, kamu bisa ikutan tes seleksi naional masuk perguruan tinggi (SNMPT). Pendaftaran bakal digelar pada akhir bulan Mei ini.

 Nah,, kalau sudah nentuin perguruan tinggi, tinggal mutusin jurusan atau fakultasnya. Pertimbangannya : minat, bakat, kemampuan otak kamu, dan kemampuan duit ortu. Sebab, ada jurusan yang biaya kuliahnya mahal. Ini penting!! Sebab, jurusan yang nggak kamu minatin, tapi dipaksa, dikhawatirkan bakal gagal alias drop out (DO) di tengah semester.

 Nah,, kalau kamu pilih jurusan pada fakultas di perguruan tinggi tertentu, jangan lupa lihat, apakah jurusan itu terakreditasi di Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Sebab, kamu rugi kalau jurusan itu nggak terdaftar, kredibilitasnya nggak dijamin.

 Kalau kamu pilih perguruan tinggi Swasta, juga harus dilihat kelayakan perguruan tinggi itu. Tapi, bukan brarti negeri lebih bagus loh,, sebab, sekarang juga banyak perguruan tinggi Swasta yang lebih oke ketimbang perguruan tinggi Negeri.

 Kalau kamu mutusin pilih perguruan tinggi di luar negeri, kamu juga harus jeli. Negeri yang banyak diminati konsumen untuk kuliah, biasanya Malaysia, Australia, Inggris, AS, Singapura, dan banyak lagi.

Eits,, tapi harus diketahui nggak semua perguruan tinggi di luar negeri bonafid. Makanya, sekarang kamu kudu mulai lihat di web site, pameran pendidikan luar negeri dan informasi lain. Cari informasi selengkap-lengkapnya, pendaftaran, biaya kuliah, biaya hidup, dan lokasi universitas.
Sebab, nggak sedikit universitas yang nggak kamu kenal dan nggak terkenal, juga tawarin di web site. Intinya, pilih perguruan tinggi di luar negeri yang bermutu! Jangan hanya menang brain luar negeri, tapi nyatanya lebih bagus di dalam negeri.
Buat yang mau kuliah di luar negeri, harus siapin biaya yang banyak. Mulai pondokan, biaya kuliah, sampai buku-buku.
Tapi enaknya kuliah di luar negeri, kamu bisa nyambi kerja saat liburan. Apalagi yang dapat beasiswa, wah seru!!