A. Latar Belakang

Proses pendidikan yang
dilaksanakan melalui lembaga pendidikan sekolah merupakan salah satu
usaha dari keinginan masyarakat guna membekali, para generasi muda agar
mempunyai pengetahuan dan keterampilan serta sikap yang kuat dalam
berpartisipasi dan mengisi pembagunan negara dan bangsa yang adil dan
makmur berdasarkan pancasila. Sehubungan dengan hal tersebut maka
tujuan Pendidikan Nasional secara tegas ditetapkan dalam Undang-Undang
Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas) pada pasal 3 mengenai fungsi
pendidikan nasional yaitu:

“ Pendidikan Nasional berfungsi
mengembangkan kemampuan watak serta peradapan bangsa yang bermatabat
dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, serta bertujuan utuk
perkembangan potensi pesrta didik agar menjadi manusia beriman dan
bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berahlak mulia, sehat, berilmu,
cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta
bertanggung jawab.”

Bertitik tolak dari penjelasan tersebut,
maka setiap jalur pendidikan sekolah baik dari tingkat Sekolah Dasar
sampai pada Perguruan Tinggi baik negeri maupun swasta di harus dapat
melaksanakan proses pembelajaran sebaik-baiknya.dalam usaha mencapai
tujuan yang diinginkan dari proses pendidikan disekolah. Guru sebagai
faktor utama dalam hal menciptakan situasi dan kondisi belajar yang
dapat merangsang kegiatan belajar mengajar bagi siswa, baik disekolah
maupun di rumah.

Di samping itu guru dituntut untuk mampu
menggunakan media pengajaran sebagai sistem pendekatan (system
approach) yang merupakan bagian integral dalam program pengajaran.
Setiap program pengajaran harus direncanakan secara sistematis dengan
memusatkan perhatian kepada siswa. Program pengajaran yang berdasarkan
kebutuhan dan karakter siswa serta diarahkan kepada perubahan tingkah
laku siswa sesuai dengan tujuan yang akan dicapai.

Berdasarkan
latar belakang di atas maka SMA 2 Salatiga merasa perlu untuk
memprogramkan kegiatan yang dapat meningkatkan kemampuan siswa dan guru
SMA 2 Salatiga dalam bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi

B. Landasan

1. Undang-undang Nomor 22 Tahun 1999 tentang Pemerintahan Daerah

2. Undang-undang Nomor 32 Tahun 1999 tentang Kewenangan Pusat dan Daerah

3. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 36 ayat 3

4. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan

5. Panduan pengembangan PBKL dari Direktorat SMA

6. Surat perjanjian kerjasama antara SMA 2 Salatiga dengan Direktorat SMA dalam rangka Pelaksanaan Program Rintisan PBKL

C. Tujuan

1. Sebagai kerangka kerja dan petunjuk untuk Tim kurikulum/PBKL
SMA 2 Salatiga dalam rangka menentukan program pengelolaan Sistem
Informasi dan Komunikasi

2. Mengidentifikasi jenis program pengelolaan Sistem Informasi dan
Komunikasi yang akan dijadikan kemampuan bagi siswa dan guru dalam
mendukung program KTSP PBKL SMA 2 Salatiga .

3. Untuk memenuhi kebutuhan siswa, guru dan daerah berkaitan
dengan pencapaian kompetensi yang memenuhi kebutuhan kontekstual sumber
daya manusia yang berkualitas.

D. Jadwal dan Tempat

Jadwal pelaksanaan pembuatan program pengelolaan Sistem Informasi dan
Komunikasi ditargetkan selesai selama 1 bulan yaitu pada saat
ditandatangannya kesepakatan bulan Agustus sampai dengan bulan
September 2007. Tempat pelaksanaan dipusatkan di SMA 2 Salatiga. Dalam
rangka penyempurnaan pelaksanaan, analisis program yang telah
ditetapkan akan dievaluasi pelaksanaannya dan ditinjau kembali
kesesuaian pelaksanaannya setiap tahun pelajaran baru oleh tim
Kurikulum/PBKL.

E. Pelaksana

Pelaksana penyusunan program pengelolaan Sistem Informasi dan Manajemen
adalah Tim Kurikulum/PBKL dibantu oleh guru mata pelajaran dan Komite
Sekolah. Kepala Sekolah mengawasi dan memberikan evaluasi terhadap
hasil pelaksanaan dan melakukan konsultasi dengan Dinas Pendidikan
Nasional Tingkat Kota/Provinsi dan dengan Direktorat SMA.

F. Pembiayaan

Seluruh keperluan pembiayaan untuk melakukan penyusunan program
Pengelolaan Sistem Informasi dan Manajemen didanai dengan dana block
grant PBKL Tahun anggaran 2007/2008.

G. Langkah-langkah Menyusun Program Pengelolaan SIM

Penyusunan program pengelolaan Sistem Informasi dan Manajemen telah
dilakukan Tim Kurikulum/PBKL sejak bulan November dan akan berkahir
bulan November 2008. Langkah-langkah yang dilakukan dalam menyusun
program pengelolaan Sistem Infomasi dan Manajemen tersebut adalah
sebagai berikut :

1. Pembagian tugas kepada anggota tim Kurikulum/PBKL untuk
mengidentifikasi program pengelolaan Sistem Informasi dan Manajemen
yang yang akan dikembangkan di SMA 2 Salatiga.

2. Membentuk Tim kreasi, inovasi dan produksi untuk mendukung
pelaksanaan program pengelolaan Sistem Informasi dan
Manajemen

3. Membuat jadwal pelatihan untuk siswa dan guru dalam meningkatkan kemampuan pengelolaan Sistem Informasi dan Manajemen.